Senin, 18 Juli 2011

Kombinasi Warna

Setiap warna yang dipilih mewakili pribadi pengguna warna tersebut. Secara singkat dapat dinilai jika pengguna lebh cenderung suka dengan nuansa warna muda itu berarti dia memiliki kepribadian lembut dan anggun, tetapi sebaliknya jika pengguna lebih cenderung suka dengan warna yang tua itu berarti dia memiliki kepribadian yang keras. Namun tidak semua kepribadan dapat dilihat dari pilihan warna seseorang, tetapi warna hanya dapat mewakili sebagian dari banyak parameter penilaian kepribadian seseorang.

Memberi warna ruang harus mempertimbangkan beberapa faktor, mulai dari kualitas cat yang digunakan, banyaknya sinar matahari yang masuk ke dalam ruangan tersebut hingga posisi property yang ada di ruangan tersebut. Kualitas cat sangat mempengaruhi hasil dari warna yang telah dipilih.

Dalam pemilihan warna faktor pertama yang harus diperhatikan adalah :
- Dulux adalah merk cat yang saya rekomendasikan untuk memperindah ruangan kesayangan anda. Karena Dulux memiliki teknologi color lock yang dapat menjaga kualitas warna agar tidak pudar. Selain warna yang terdapat pada kartu warna (ready mix) yang telah disediakan oleh PT. ICI, Dulux juga memiliki teknologi Color Solution yang memberikan kebebasan untuk mengekspresikan diri mereka melalui warna yang mereka inginkan. Dalam teknologi ini Dulux menyediakan 2016 pilihan warna untuk cat luar (weathershield pro atau weathershield max) dan dalam ruang (pentalite, easy clean, light & space, atau pearl glo). Weathershield Max dan Weathershiel Pro adalah cat syntetic yang dispesialisasikan untuk eksterior yang ramah lingkungan dan memiliki kelebihan dapat memproteksi bidang dari perubahan cuaca dan tumbuhnya lumut akibat tingkat kelembaban bidang yang berlebihan. Sedangkan Dulux Pentalite adalah cat interior yang memiliki teknologi color lock yang dapat menjaga kualitas warna agar tidak kusam dan tidak berjamur. Jika anda memiliki permasalahan dengan binatang kesayangan atau tingkah laku anak anda yang suka mengotori tembok ruangan anda, maka Easy Clean adalah solusi yang tepat untuk memproteksi tembok ruangan kesayangan anda. Selain memiliki teknologi color lock, Dulux Easy Clean juga mwmiliki kelebihan mudah dibersihkan menggunakan air tanpa merusak kualitas warna dan tembok anda. Light & Space adalah cat yang direkomendasikan untuk ruang yang memiliki keterbatasan ukuran. Ukuran bukan batasan untuk mengekspresikan suatu warna, pilihan warna yang tepat dapat merubah ruang yang memiliki luas terbatas menjadi terlihat lebih luas. Warna-warna yang disediakan Dulux Light & Space adalah solusi bagi permasalahan ukuran ruang kesayangan anda. Cat interior terakhir yang memiliki kelebihan istimewa adalah Dulux Pearl Glo, cat ini memiliki kelebihan hasil akhir yang berkilau (semi gloss). Bagi anda yang ingin memiliki tembok berkilau sepeti berlian untuk ruang kesayangan anda, maka Dulux Pearl Glo adalah solusi yang tepat. Karena cat ini selain memiliki kelebihan menjaga kualitas warna, Pearl Glo juga memiliki hasil kilau seperti berlian. Pilihlah cat dan warna untuk ruang kesayangan anda dengan tepat, karena keindahan ruang adalah ketepatan anda dalam memilih warna yang tepat.

- Sinar matahari harus dipertimbangkan dalam pemilihan warna di ruangan tersebut. Untuk luar ruang sebaiknya pilih warna yang mencerminkan kedamaian dan keindahan bangunan tersebut. Jika bangunan tersebut bernuansa minimalis, pilihlah warna yang memberikan nuansa sederhana tapi tetap indah. Seperti mengkombinasikan antara warna Down Grey (10747C) dan Day Break (40544M). Warna ini dapat mendukung bentuk rumah yang bertekstur minimalis dan tentunya harus dipertimbangkan penempatan warna ysng tepat. Namun untuk dalam ruang, jika ruangan tersebut hanya menggunakan 1 warna maka pilihlah warna yang tidak membuat penglihatan silau, seperti Meadow Mist (10 GY 83/150), Arizona White (42 YY 87/084), atau Cool Dip (78 GG 79/109) dan masih banyak pilihan warna muda lainnya.

- Penempatan warna. Warna yang indah adalah warna yang ditempatkan di bidang yang tepat. Jika diluar ruang pilihlah warna yang tidak terlalu gelap/tua untuk bidang yang mayoritas karena dapat mengurangi keindahan rumah ada. Warna yang tepat untuk bidang mayoritas adalah warna yang cerah/muda agar memberi kesan luas dan bersih. Warna tua dapat diaplikasikan di bidang minoritas sepeti tiang atau list-plang sebagai pembatas atau garis yang memperindah bidang mayoritas rumah anda. Untuk interior, pilihlah warna yang tidak menyilaukan mata pada saat pertama kali anda masuk ke dalam rumah atau ruang kesayangan anda. Warna yang cocok untuk interior rumah anda disarankan pilihlah warna yang lembut, jika ingin menambahkan warna yang terang tempatkanlah warna tersebut di sisi yang tidak terlalu sering kontak langsung dengan mata anda. Selain itu kombinasi warna dapat menjadi solusi lain untuk memperindah ruang rumah anda, pilihan kombinasi warna muda dan tua adalah yang paling sering digunakan untuk memberikan arti lebih di ruang kesayangan anda. Tetapi kombinasi ini memiliki arti yang berbeda setiap pilihan warna yang anda pilih. Misalnya, coklat (tua dan muda) dan abu-abu (tua dan muda) memberikan kesan mewah, bersih dan elegan, hijau, biru, merah, kuning (tua dan muda) akan memberikan kesan ceria dan sejuk bagi ruang anda. Selamat memilih warna yang tepat untuk ruang kesayangan anda.

- Ruang yang indah selain didukung oleh pemilihan warna yang tepat juga didukung oleh penempatan property yang baik. Properti yang memiliki warna tua sebaiknya ditempatkan tepat di depan bidang yang memiliki warna muda. Karena dapat memperjelas posisi property tersebut dan memberikan arti lebih untuk property tersebut. Sebaliknya property yang memiliki warna cerah dapat ditempatkan di depan bidang minoritas yang memiliki warna gelap. Selain itu penempatan property dapat ditempatkan menurut fungsinya, jika tidak memungkinkan untuk ditempatkan di tempat yang tepat, maka kita dapat menyiasati dengan membuat frame di sekitar property kesayangan kita dengan warna yang kontras.

Ekspresikan diri anda melalui warna rumah dan ruang kesayangan anda. Biarkan hati dan naluri seni anda memilih warna yang tepat dan ekspresikan jiwa seni anda tanpa batas.

Selamat berekspresi dan semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar