Selasa, 02 Agustus 2011

Pengusaha Indonesia

Indonesia adalah negara yang sangat kaya akan sumber daya manusia terlebih sumber daya alam yang sangat besar yang tidak dimiliki oleh negara manapun di dunia. Sangat disayangkan jika sumber daya alam yang kita miliki tidak dapat dipergunakan oleh warga negara Indonesia sendiri dengan baik. Untuk mempergunakan sumber daya alam ini dengan maksimal diperlukan sumber daya manusia yang handal dan memiliki hati, karena walaupun pintar tetapi tidak memiliki hati maka tidak ada rasa tanggung jawab untuk menjaga dan memelihara sumber daya yang ada untuk kelagsungan hidup anak cucu kita di masa akan datang.
Indonesia juga memiliki laju perekonomian yang cukup baik di kelas negara berkembang yaitu sebesar 6%. Angka ini cukup baik untuk negara negara berkembang seperti Indonesia, tetapi tidak cukup baik untuk dasar menjadi negara maju. Jika kita ingin membuat Indonesia menjadi salah satu kelompok negara di dalam kelompok negara maju, maka kita harus meningkatkan dulu laju perekonomian kita lebih dari sekarang. Cina memiliki laju perekonomian sekitar 10% dan Cina memiliki campur tangan di pasar dunia yang cukup besar. Bagaimana Cina dapat menjadi sebuah negara yang sebesar itu? Selain jumlah warga negara, yang sangat penting adalah jumpah pengusaha di suatu negara. Pertumbuhan perekonomian di suatu negara sangat dipengaruhi oleh jumlah pengusaha di negara tersebut. Indonesia hanya memiliki jumlah pengusaha 0,24% dari jumlah penduduk. Jika kita ingin tumbuh menjadi negara yang maju dan besar kita harus menumbuhkan jumlah pengusaha dalam negeri yang konsisten, memiliki hati, dan memiliki mental dunia. Untuk menjadi negara yang maju, Indonesia harus memiliki jumlah pengusaha paling sedikit 2% dari jumlah penduduk Indonesia. Jika kita dapat mencapai angka tersebut, Indonesia akan mengalahkan Cina dalam hal laju perekonomian sebesar 10%, tutur Helmy Yahya dalam www.investor.com.
Menciptakan pengusaha-pengusaha muda yang handal tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pengusaha muda yang handal harus memiliki integritas yang baik, hati yang sensitif untuk memikirkan masa depan bangsa dan mental yang dapat bersain di pasar dunia. Tanpa kita sadari mulai dari pendidikan formal yang paling bawah kita selalu dididik untuk menjadi karyawan yang baik bukan menjadi pengusaha yang handal. Pendidikan adalah hal paling mendasar untuk membentuk mental kelas dunia tetapi harus diimbangi dengan keahlian dan pengalaman yang cukup. Seharusnya jka perlu untuk memperoleh gelar sarjana, setiap Universitas memiliki kerja sama dengan pihak eksternal yang dapat memberikan kesempatan untuk para calon sarjana memberikan ide dan merealisasikan ide tersebut sebagai dasar untuk membangun mental enterpreneurship yang handal. Jadi selain mereka menyelesaikan skripsi sebagai syarat formal untuk mengklaim gelar mereka sebagai sarjana, mereka juka harus memiliki ide untuk menciptakan peluang usaha baru untuk menjamin masa depan mereka setelah lulus dari perguruan tinggi.
Mari kita tingkatkan pengetahuan kita dan keluarkan ide-ide kreatif kita untuk meningkatkan jumlah pengusaha Indonesia yang handal dan demi masa depan Indonesia yang lebih baik.

Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar